Posted by : FiqiDev Senin, 12 Oktober 2015

Cara Mengatasi Windows 8 Tidak Bisa Start
Cara Mengatasi Windows 8 Tidak Bisa Start - Pernah mengalami Windows 8 gagal booting atau tidak bisa start?  Biasanya jika Windows 8 tidak bisa booting (start), akan masuk ke Automatic Repair untuk berusaha memperbaiki problemnya. Namun apabila Automatic Repair juga gagal.. itu bisa jadi masalah, pada postingan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi error windows 8 yang tidak bisa start.


Untuk mengatasi windows 8 tidak bisa start atau tidak bisa booting bisa menggunakan cara Refresh your PC atau menggunakan opsi Reset your PC. Bagaimana cara melakukan Refresh dan Reset your PC? simak pada penjelasan berikut:

Windows 8 tidak bisa booting

Apabila mengalami kasus Windows 8 gagal booting, dan setelah melakukan Refresh dan Reset your PC  tapi tetap masih gagal, dan sistem kembali menampilkan layar WinRE (Recovery Environment). Hal tersebut berarti telah terjadi kerusakan serius pada registry Windows.

Untuk mengatasi masalah di atas, bisa dicoba langkah berikut ini. Namun dikarenakan beragamnya penyebab gagal booting atau gagal Auto Repair ini, ada kemungkinan menggunkan cara tidak berhasil. Tapi apa salahnya mencoba dengan cara berikut ini, siapa tahu dengan cara berikut windows kembali bisa booting.

Membuka Command Prompt WinRE

Masuk ke layar Advanced Startup Windows 8 (WinRE). Setelah tampil layar Choose an option pilih opsi Troubleshoot, klik Advanced Options, lalu klik Command Prompt. Layar Command Prompt WinRE terbuka. Atau, bisa juga membaca artikel Command prompt Win8 RE.
Cara Mengatasi Windows 8 Tidak Bisa Start
Gambar-1

Ketik Perintah pada Command Prompt
1. Gambar-2 :

  1. Tampil layar Command Prompt WinRE. 
  2. Perhatikan bahwa secara default perintah akan dijalankan dari direktori (path) : C:\Windows\System32. *** Lihat Catatan di bawah.

2. Gambar-3 :

  1. Ketik : CD %windir%\system32\config  -> tekan Enter. Perintah ini untuk merubah direktori menjadi : C:\Windows\System32\config. 
  2. Ketik : ren system system.001  -> tekan Enter. Perintah ini untuk me-rename registry System. 
  3. Ketik : ren software software.001  -> tekan Enter. Perintah ini untuk me-rename registry Software. 

Penting : 

  • Jika hanya ingin melakukan Refresh your PC, rename-lah hanya pada registry System. Tetapi, dalam hal ini jika registry Software juga mengalami kerusakan maka opsi Refresh your PC juga tidak akan bisa dijalankan. Untuk itu Anda perlu juga me-rename registry Software juga. 
  • Jika registry Software di-rename, maka anda hanya bisa menggunakan opsi Reset your PC, dan tidak akan dapat menggunakan opsi Refresh your PC.

3. Ketik : Exit  -> tekan Enter untuk menutup layar Command Prompt.
4. Restart PC dan kembali masuk ke layar Automatic Repair.

  1. Pilih Advanced options, klik Troubleshoot, 
  2. Lalu pilih : Refresh your PC atau Reset your PC sesuai yang diinginkan. - perhatikan langkah No.2.4 di atas.

5. Setelah semuanya dilakukan, seharusnya opsi Refresh your PC atau Reset your PC akan bisa bekerja kembali.
Cara Mengatasi Windows 8 Tidak Bisa Start
Gambar-2
Cara Mengatasi Windows 8 Tidak Bisa Start
Gambar-3

Nb :
1. Pastikan bahwa anda berada di direktori drive C:\ (default-nya adalah X). Untuk merubah dari X menjadi C, ketik : C:  -> tekan Enter.
2. Ketik : CD windows\system32  -> tekan Enter. Ketik : cd config  -> tekan Enter. Maka Anda akan berada di direktori C:\windows\system32\config. Lanjutkan dengan meng-ketikkan perintah rename seperti pada langkah No.2.2 di atas.
3. Jika saat me-rename tampil teks "Could not find the file specified", mungkin direktori Windows anda (tempat Windows ter-instal) bukan terletak pada drive C.
   Cara mengetahui direktory Windows di PC, ikuti langkah berikut ini.

  1. Ketik : diskpart  -> Enter. Ketik : list disk  -> Enter. 
  2. Cari nama drive Windows anda (mungkin bisa mengacu pada ukuran kapasitas drive - jika anda ingat). Misalnya anda temukan di "disk 0", lalu ketik : select disk 0  -> Enter (angka-0 bisa diganti angka drive yang anda temukan / yakin berisi windows). 
  3. Ketik : list volume  -> Enter. Sekarang anda akan bisa melihat letter-drive disk yang berisi Windows. 
  4. Gunakan huruf tsb. untuk mengganti huruf drive pada perintah : cd C:\windows\system32\config -> Enter. 
  5. Lanjutkan dengan perintah untuk rename.
(sumber: kangtokkomputer.weebly.com)


Itulah postingan singkat tentang Cara Mengatasi Windows 8 Tidak Bisa Start Baca juga postingan lainnya tentang , Jangan lupa untuk share postingan ini juga ya... :). AdaFreeDownload

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2015 AdaFreeDownload - Crunzy - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -